Minggu, 11 Maret 2012

Social Network yang Merepotkan

Sudah sekian tahun dunia ini semakin dikuasai oleh kemajuan ranah dunia maya. Pada masa sekarang, mulai dari para pemilik kunci mobil BMW hingga anak kecil dari seorang buruh tani dapat dengan leluasa menjelajah dunia maya. Padahal dulu aja masih banyak orang-orang yang menganggap bahwa komputer dan jaringannya adalah benda ajaib nan suci. sehingga hanya segelintir orang aja yang bisa mengoprasikanya. namun, hanya dengan seiring berjalannya waktu, kini komputer dan internet telah menjadi makanan harian hampir setiap orang. (ya walaupun gak sampe segitunya juga sih..)
Dan kali ini, semua orang itu juga tidak lagi mesti memikirkan banyak hal yang harus ia lakukan dalam menjelajah internet. tidak perlu lagi berfikir ingin membuka situs website apa ketika telah bertatap muka dengan perangkat internet. pasti orang akan segera tersirat untuk
membuka halaman situs yang disebut "social network".ya, mualai dari sang raksaksa Facebook, Twitter, Frienster, dan lain-lain...
pada masa ini hampir seluruh mahluk yang bernama manusia telah memiliki paling tidak satu akun dari satu situs jejaring sosial. dan lebih dari 2/3nya hampir selalu rajin membuka, melihat, dan mengUp-Date akun mereka. dan mereka selalu saja eksis dalam mengerjakan itu.
dan luarbiasanya lagi, fenomena kepopuleran dari jejaring sosial ini memiliki pengaruh yang luar biasa pada peradaban di luar dunia maya. seperti apa yang kita ingat bahwa keberadaan jejaring sosial memiliki kekuatan untuk melengserkan seorang pemimpin negara yang terkenal kokoh dalam kepemimpinanya, jejaring sosisal juga telah membuktikan kemampuanya untuk menggalang dana kepedulian terhadap sesama, jejaring sosial juga telah merubah sistem pendekatan-penekatan yang dilakukan oleh banyak perusahaan di dunia pada konsumen mereka, jejaring sosial juga menjadi ladang penipuan baru dalam masyarakat, dan jejaring sosial juga telah membuat banyak negara gentar akan keberadaanya.
lalu, selain dari itu semua. hal yang paling merepotkan dari jejaring sosial sendiri adalah kemampuanya merubah pola pergaulan remaja saat ini. tidakkah kita melihat bahwa kebanyakan remaja saat ini lebih senag memperhatikan layar komputernya atau layar HPnya ketimbang menyempatkan diri mereka dalam kegiatan-kegiatan positif yang dapat membangun diri. baik dengan kegiatan-kegiatan akademik, hingga non akademik.hanya karna kemudahan akses dunia maya khususnya jejaring sosial.
ironis memang bila kita melihat keberadaan dari kemudahan layanan akses dunia maya dari sisi ini.namun sayangnya hal ini telah terjadi dan melekat pada pola pergaulan saat ini.
ya, memang benar bila keberadaan jejaring sosial dapat menghubungkan orang dengan orang lain di tempat yang tak bisa di jangkau dengan cepat. hanya saja keberadaan jejaring sosial juga telah menghambat hubungan dengan linkungan yang sangat dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar