Rabu, 21 Maret 2012

Internet, Sumber Informasi atau Sumber Perbajakan?

Internet, menurut Mbak Wiki: "Secara harfiahInternet (kependekan dari interconnection-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet."
karna jaringanya yang sangat luas mencakup hampir seluruh komputer di seluruh dunia, maka di  dalamnya selalu terdapat banyak data. mulai dari tulisan-tulisan artikel, hingga file-file aplikasi berukuran raksaksa.
hal inilah yang membuat
internet akan selalu ramai dikunjungi oleh orang-orang dengan berbagai kebutuhan. mulai dari mereka yang sekedar ingin berkomunikasi dengan teman-teman mereka di kejauhan lewat jejaring sosial semacam facebook dan twitter. mereka yang ingin mencari berbagai perkembangan info dan berita melalui situs-situs seperti detik.com, viva news, oke zone, dan lain-lain. hingga mereka yang senang berbagi-pakai file-file berukuran besar semacam video di youtube, atau berbagi file-file di situs seperti 4shared.com.
internet yang tadinya dibuat sebagai media yang menghubungkan banyak komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi kini telah berubah menjadi sebuah surga file-file yang kebanyakan adalah berupa hasil pembajakan dan melanggar hukum. dan ironisnya, pembajakan file di indonesia termasuk dalam tingkat yang sangat tinggi. bahkan hal ini (pembajakan) terkesan sebagai hal biasa dan selalu di biarkan berjalan dan berkembang.
bahkan, menurut hasil statistik pada google trends saja menunjukan bahwa orang-orang di indonesia lebih senang mencari file-file bajakan di internet ketimbang menggunakan internet sebagai media informasi. sehingga kini internet jadi terlihat seperti sebuah "gudang" bahkan "surga" pembajakan yang luarbiasa besarnya.
lihat saja, website-website yang menyediakan berbagai file bajakan selalu di banjiri pengunjung. sedangkan, situs-situs lainya seakan hanyalah sebagai pelengkap dari jaringan internet.
jadi, internet yang dulu dikatakan sebagai gudangnya informasi dan ilmu pengetahuan, kini telah berubah menjadi sebuah surga dari aktifitas pembajakan file-file. meskipun sudah mulai ada gerakan-gerakan pemberantasan, namun sepertinya itu tidaklah berpengaruh besar pada kegiatan ini. karna pada akhirnya para pembajak file selalu memiliki cara untuk menanggulangi pemberantasan tersebut. ditambah lagi jumlah dari para pembajak di dunia maya yang tidak lagi bisa dihitung dengan jari.
sehingga kini bergantung pada para pengguna, apakah mereka menggunakan internet sebagai sumber sumber informasi, atau sebagai sumber pembajakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar