Rabu, 31 Januari 2018

Belajar Mengaji Dasar di Sulawesi Selatan

Belajar Mengaji Dasar sangat penting untuk diketahui sebelum kita ingin mempelajari Al-Quran lebih jauh lagi.  seperti yang kita tahu bahwa Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang memuat berbagai hal dari segala macam aspek.  Al-Quran menjabarkan segala sesuatu dengan jelas mulai dari sifat, perilaku, hubungan antar manusia, hubungan manusia dengan lingkungan sekitar, sejarah bahkan urusan rumah tangga sekalipun.  Membaca Al-Quran adalah kewajiban kita sebagai umat muslim dan kelak akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak.

Membaca Al-Quran memiliki keutamaan sendiri seperti yang diriwayatkan oleh Hadist Muslim, bahwa Abi Umamah RA, bahwa beliau mendengar Rasulullah Muhammad SAW berkata “ Bacalah oleh kamu sekalian Al-Quran, karena sesungguhnya  Al-Quran akan datang pada hari kiamat sebagai penolong bagi orang-orang yang membacanya.”

Untuk itu sangat penting bagi kita mengetahui bagaimana Belajar Mengaji Dasar yang akan memudahkan kita untuk dapat mengaji dengan tepat dalam waktu yang singkat.  Beberapa tips berikut dapat dicoba sebagai cara Belajar Mengaji Dasar :

1.      Paham huruf hijaiyah

Huruf hijaiyah adalah huruf yang berasal dari Arab dan digunakan dalam bacaan Al-Quran.  Tentu sebagai Belajar Mengaji Dasar untuk membaca Al-Quran hal pertama yang anda lakukan adalah mengenal dan hafal seluruh huruf hijaiyah tersebut.  Jumlah huruf hijaiyah sendiri ada 29 huruf. Masing-masing huruf hijaiyah memiliki makna dan cara pengucapan yang berbeda. Selain bis melafalkan dengan benar, kita juga wajib untuk ingat bagaimana bentuk dari huruf hijaiyah sendiri.  Huruf hijaiyah yang berdiri sendiri akan berbeda tampilannya dengan huruf hijaiyah yang berdampingan dengan huruf hijaiyah lain di dalam Al-Quran.

2.      Paham tanda baca

Setelah paham tentang huruf hijaiyah, kita juga wajib paham tentang tanda baca.  Tanda baca terdapat pada huruf hijaiyah akan membantu kita untuk memastikan makna serta bacaan tersebut. Meskipun ada juga huruf hijaiyah yang tidak menggunakan tanda baca yang kemudian disebut sebagai huruf gundul.  Di Indonesia sendiri masih banyak yang belum paham dengan cara baca huruf gundul, sehingga penggunaan tanda baca sangat diperlukan untuk memangkas kesalahan dalam membaca dan penafsiran. Ini juga sangat penting sebagai cara ketika kita ingin Belajar Mengaji Dasar

3.      Paham tajwid

Setelah huruf hijaiyah dan tanda baca, hal lain yang harus diingat ketika ingin belajar membaca Al-Quran adalah dengan mempelajari tajwid.  Tajwid adalah ilmu untuk membaca Al-Quran yang baik dan benar.  Termasuk hukum bacaan serta panjang pendeknya huruf hijaiyah dan tanda baca ketika disatukan.  

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat kita lebih mudah dalam Belajar Mengaji Dasar. Semoga informasi yang kami berikan bisa menjadi referensi anda yang saat ini sedang mencari tahu tentang cara Belajar Mengaji Dasar.



http://www.mudahbacaquran.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar